Bulog Distribusikan 400 Ribu Ton Beras untuk Diolah Jadi Tepung

Image title
19 Februari 2020, 17:50
Bulog Distribusikan 400 Ribu Ton Beras CBP untuk Diolah Jadi Tepung.
ANTARA FOTO/Rahmad
Tumpukan beras di Gudang Bulog di Lhokseumawe, Aceh. mendistribusikan 400 ribu ton cadangan beras pemerintah (CBP) untuk diolah menjadi tepung.

Perum Bulog terus menggenjot penyaluran beras di gudang untuk mengurangi stok menjelang panen raya. Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso mengatakan, pihaknya berencana mendistribusikan 400  ribu ton cadangan beras pemerintah (CBP) untuk diolah menjadi tepung.

Pria yang kerap disapa Buwas itu mengaku telah membicarakan rencana  penyaluran tersebut dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. "Menteri Perindustrian butuh sebulan 400 ribu ton. Beras itu diolah jadi tepung untuk industri makanan," kata dia di Jakarta, Rabu (19/2).

Advertisement

(Baca: Kurangi Stok di Gudang, Bulog Lepas 600 Ribu Ton Beras Sebelum Lebaran)

Bulog mencatat, saat ini stok beras di gudang perseroan mencapai 1,7 juta ton atau dalam keadaan surplus. Sedangkan dalam waktu dekat akan ada panen raya di beberapa daerah dengan potensi tambahan pasokan mencapai 7 juta ton.

Perusahaan menargetkan jumlah serapan beras dari petani tahun ini  bisa mencapai 2,7 juta ton. Sementara kondisi gudang hanya mampu menampung separuhnya.

Oleh karena itu, Bulog harus mengeluarkan stok cadangan beras dalam waktu dekat. Selain olahan tepung, rencananya beras akan disalurkan untuk program sosial melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga ekspor ke Arab Saudi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement