Korban Tewas Virus Corona Tembus 2.000, Uji Coba Vaksin Butuh 18 Bulan

Agustiyanti
19 Februari 2020, 07:28
virus corona, infeksi virus corona, who, vaksin
ANTARA FOTO/REUTERS/Noel Celis
Ilustrasi. Kasus infeksi virus corona di seluruh dunia hingga kini mencapai 75 ribu.

Jumlah korban tewas akibat virus corona di seluruh dunia bertambah menjadi 2.005 orang. Sementara total kasus infeksi covid-19 kini mencapai 75.121, mayoritas berada di daratan Tiongkok.

Dikutip dari CNN, Komisi Kesehatan Provinsi Hubei melaporkan 132 kematian baru pada Selasa (19/2), membuat jumlah korban tewas akibat virus corona di Provinsi tersebut mencapai 1.921.

Advertisement

Dengan laporan tersebut, total korban tewas di daratan Tiongkok mencapai sedikitnya 2.000 orang dan di seluruh dunia mencapai 2.005 orang. Terdapat lima laporan kematian di luar Tiongkok akibat virus corona yakni masing-masing satu orang di Hong Kong, Taiwan, Jepang, Filipina, dan Prancis.

Di Singapura, terdapat lima kasus baru infeksi virus corona sehingga total kasus mencapai 81. Sementara lima pasien yang sebelumnya didiagnosis terjangkit virus telah dipulangkan dari rumah sakit sehingga total pasien yang telah dinyatakan sembuh di Negeri Jiran tersebut mencapai 29 orang.

(Baca: Dampak Virus Corona, Impor Buah dari Tiongkok Ditunda Hingga Mei)

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan pengembangan vaksin untuk virus corona dapat memakan waktu 12 bulan hingga 18 bulan. Namun, vaksin sedang disiapkan untuk situasi terburuk.

"Pengembangan vaksin tidak boleh dilewatkan," kata Tedros.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement