Analis Sebut IPO Jumbo Bakal Kembali Gairahkan Pasar Modal

Image title
20 Februari 2020, 17:33
pasar modal, transaksi saham, ipo
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di galeri PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Rencana IPO jumbo beberapa perusahaan diyakini bakal meningkatkan gairah transaksi di pasar modal.

Pasar modal dalam negeri mencatatkan rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) yang cukup rendah sepanjang tahun ini. Namun datangnya sejumlah emiten baru yang akan segera melakukan penawaran saham perdana(initial public offering/IPO) jumbo diprediksi bisa membuat transaksi di pasar modal kembali bergairah.

Adapun secara year to date (ytd) hingga perdagangan kemarin, Rabu (19/2), RNTH di pasar saham hanya mencapai Rp 6,38 triliun, jauh di bawah RNTH sepanjang 2019 yang mencapai Rp 9,1 triliun.

"Mudah-mudahan akan banyak emiten baru yang bagus, yang bisa membuat market confidence," kata Direktur Mandiri Sekuritas Heru Handayanto ketika ditemui usai Indonesia Capital Market Student Studies (ICMSS) FEB UI di Depok, Kamis (20/2).

Beberapa calon emiten sudah menyampaikan memiliki target untuk mampu meraih dana jumbo di atas Rp 1 triliun melalui proses IPO. Seperti anak usaha Adhi Karya (Persero), Adhi Commuter Properti, yang menargetkan mampu meraup dana Rp 2,5 triliun dengan melepas 30% saham ke publik pada akhir semester II tahun ini.

(Baca: IPO Tahun ini, Anak Usaha Adhi Karya Target Raih Dana Rp 2,5 Triliun)

Selain Adhi Commuter, Metro Healthcare Indonesia juga berencana IPO pada 13 Maret 2020. Metro akan melepas 30% sahamnya kepada publik dan mengincar dana segar sebesar Rp 1,1 triliun.

Selain bakal menambah gairah transaksi di pasar modal, Heru optimistis IPO jumbo perusahaan-perusahaan tersebut bakal mendongkrak nilai transaksi harian bursa jelang pembagian dividen emiten. Berdasarkan siklus, pasar seharusnya bergairah pada Januari dan akan turun setelahnya. "Biasanya naik lagi jelang pembagian dividen nih," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...