Menhub Sebut Insetif Pariwisata Akan Diputuskan Senin Depan

Image title
20 Februari 2020, 20:48
Menhub Sebut Insetif Pariwisata Akan Diputuskan Senin Depan.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Wisatawan beraktivitas di Pantai Tanah Lot, Tabanan, Bali, Minggu (16/2/2020). Dinas Pariwisata Bali menaksir kehilangan pendapatan dari pariwisata sekitar Rp10 miliar dalam waktu hampir sebulan akibat pembatalan kunjungan sekitar 20.000 wisatawan China ke Bali karena merebaknya wabah virus corona.

Pemerintah bakal memutuskan insentif sektor pariwisata Senin (24/2) pekan depan. Insentif tersebut diberikan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang kini jumlahnya menurun akibat penyebaran virus corona

Adapun salah satu usulan insentif yang dipertimbangkan berupa potongan harga tiket ke beberapa destinasi wisata yang mengalami penurunan wisatawan. "Ada beberapa hal yang belum selesai, Senin akan kita laporkan ke presiden untuk difinalkan," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Kamis (20/2).

(Baca: Sri Mulyani Masih Kaji Insentif Pariwisata untuk Atasi Dampak Corona)

Menurutnya, insentif akan diberikan untuk penerbangan dalam negeri dan luar negeri. Namun, dia masih enggan menjelaskan mengenai detail insentif karena masih dikaji kementerian keuangan. 

"Penurunan harga tiket diputuskan Senin, Menteri Keuangan yang tahu jumlahnya," kata Budi.

Dia menyatakan, pemerintah berupaya membantu sektor wisata yang terdampak, agar kesempatan bekerja sektor tersebut tetap terjaga. 

Sebelumnya dikabarkan pemerintah berencana memberikan diskon tiket pesawat dan hotel kepada wisatawan mancanegara maupun domestik. Hal tersebut untuk mendongkrak sektor pariwisata yang sepi setelah mewabahnya virus corona.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...