Bunga BI Turun, Airlangga: Kesempatan Korporasi Perbaiki Keuangan

Image title
21 Februari 2020, 06:48
bank indonesia, suku bunga, virus corona
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berharap perbankan segera menyesuaikan bunga kredit.

Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan sebesar 0,25% ke level 4,75% guna mengantisipasi dampak negatif virus corona terhadap perekonomian. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap penurunan bunga ini dapat dimanfaatkan oleh korporasi untuk memperbaiki kondisi keuangan.

"Harapannya ini dapat diturunkan ke bunga perbankan. Ini bisa menjadi kesempatan bagi beberapa korporasi menyesuaikan ke tingkat bunga yang lebih rendah," ujar Airlangga di Jakarta, Kamis (21/2). 

Advertisement

 (Baca: BI Sebut Rasio Kredit Bermasalah Masih Rendah Biarpun Ada Virus Corona)

Keputusan BI menurunkan bunga dinilai sesuai dengan kebijakan yang dilakukan oleh negara-negara lain dalam merespons dampak virus corona. Kemarin, Bank Sentral Tiongkok atau PBOC kemarin memutuskan untuk memangkas suku bunga pinjaman atau loan prime rate (LPR). 

LPR untuk jangka waktu satu tahun dari 4,15% menjadi 4,05% dan jangka waktu lima tahun dari 4,8% menjadi 4,75%. LPR merupakan suku bunga yang diberlakukan oleh bank komersial di Tiongkok pada debitur terbaik mereka, serta berfungsi sebagai acuan untuk pinjaman lain.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement