Kementerian ESDM Optimistis B40 Bisa Diterapkan Juli 2021

Rizky Alika
25 Februari 2020, 21:54
 Kementerian ESDM Optimistis B40 Bisa Diterapkan Juli 2021.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi bahan bakar minyak B20, B30, B0, dan B100. Kementerian ESDM optimistis program B40 diterapkan Juli 2021.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) optimistis program campuran solar dengan 40% Fatty Acid Methyl Ester (FAME) atau B40 bisa diterapkan mulai Juli 2021. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Kasubdit Keteknikan dan Lingkungan Bioenergi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Effendi Manurung mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan studi formula campuran B40 tersebut.

"Apakah komposisinya Fatty Acid Methyl Esters (FAME) 30% atau 40%, sementara greendiesel 10%? Ataukah bidiesel 30% dan green diesel 10%?" kata dia dalam diskusi Katadata Forum bertajuk Biodiesel untuk Kesejahteraan Petani di Jakarta, Selasa (25/2).

(Baca: B40 Dimulai Tahun Depan, Asosiasi Produsen Uji Coba Produk pada Maret)

Ia mengatakan, biodiesel memiliki perbedaan dengan green diesel. Biodiesel dianggap rentan terhadap asam bebas lemak sehingga Tandan Buah Segar (TBS) yang lama tak terangkut ke pabrik akan menurun kualitasnya. Sedangkan, green diesel tidak terpengaruh oleh kondisi tersebut lantaran sifatnya yang rendah karbon sehingga dianggap lebih menguntungkan daripada biodiesel.

Pemerintah sedang menyusun keperluan teknis untuk B40 seperti keperluan finansial, infrastruktur pendukung, perbaikan kapasitas produksi badan usaha Bahan Bakar Nabati (BBN), hingga ketersediaan insentif pendanaannya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...