Luhut Bakal Gandeng Abu Dhabi untuk Rehabilitasi Mangrove

Image title
25 Februari 2020, 15:52
Luhut Bakal Gandeng Abu Dhabi untuk Rehabilitasi Mangrove.
ANTARA FOTO/Arnas Padda
Pengunjung menikmati suasana hutan mangrove Lantebung di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (15/2/2020). MEnko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan berencana menggandeng Abu Dhabi untuk merehabilitasi hutan mangrove di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana menggandeng Abu Dhabi untuk merehabilitasi hutan mangrove di Indonesia. Hal tersebut akan dibahas dalam pertemuan investasi hijau di Sorong, Papua Barat 26 - 28 Februari 2020. 

Luhut mengatakan, Abu Dhabi memiliki ketertarikan spesies mangrove yang tumbuh di Indonesia. "Merek cuma 1 spesies, kita 142 spesies. Mereka akan ikut riset, pembibitan, dan penanaman di Indonesia, ini sudah disetujui," kata dia di kantornya, Jakarta, Selasa (25/2).

Pertemuan itu akan dihadiri 50 investor dan pembeli internasional. Selain itu, perusahaan swasta dan perbankan baik swasta maupun BUMN turut ambil bagian pada kegiatan ini.

(Baca: Punya Hutan Luas, RI Bisa Raup Rp 350 Triliun Dari Perdagangan Karbon)

Kendati demikian, Luhut belum memiliki target khusus nilai investasi yang akan masuk dari pertemuan tersebut. "Kami akan kedepankan produk-produk lokal juga selain karbon kredit seperti coklat, kopi dan pala. Kami ingin menyatakan komitmen untuk tidak lagi mengembangkan kelapa sawit yang telah ada moratorium," kata dia.

Sebelumnya, Luhut menyatakan Indonesia akan menjadi negara superpower, dalam mengurangi emisi gas karbon dunia. Pasalnya Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar serta kawasan hutan yang luas, sehingga dapat berfungsi sebagai paru-paru dunia dalam menyerap polusi udara.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...