Evakuasi WNI dari Kapal di Jepang, Jokowi: Tak Gampang Negosiasi

Rizky Alika
26 Februari 2020, 14:55
evakuasi WNI, diamond princess, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Kyodo
Ilustrasi. Jumlah WNI di kapal Diamond Princess sebanyak 74 orang.

Presiden Joko Widodo memastikan akan mengevakuasi warga negara Indonesia di kapal pesiar Dream World dan Diamond Princess. Evakuasi WNI di kapal Dream World tengah berjalan, sedangkan di kapal Diamond Princess masih menunggu proses negosiasi dengan pemerintah Jepang.

"Tidak segampang itu melakukan diplomasi dan negosiasi. Tapi kami akan berusaha secepat cepatnya untuk negoisasi ini," kata dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (26/2).

Ia tidak menjelaskan detail proses negosiasi dengan pemerintah Jepang. Hal tersebut ditangani oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

 (Baca: Evakuasi Segera, WNI Awak World Dream Pegang 2 Sertifikat Bebas Corona)

Terdapat dua opsi evakuasi para WNI di Diamond Princess tersebut, yakni melalui jalur laut ataupun udara. Pemerintah juga belum memutuskan lokasi karantina untuk WNI tersebut.

Jokowi pun berpesan kepada Muhadjir untuk berhati-hati dalam menangani evakuasi kapal yang tengah bersandar di Pelabuhan Yokohama, Jepang tersebut. Proses karantina diharapkan berlangsung dengan baik seperti di Pulau Natuna.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...