Antisipasi Corona, Arab Saudi Setop Kedatangan Jamaah Umrah Baru

Happy Fajrian
27 Februari 2020, 10:17
arab saudi, virus corona, ibadah umrah,
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ilustrasi. Kerajaan Arab Saudi mengantisipasi masuknya virus corona ke negaranya dengan menangguhkan kedatangan jamaah umrah baru, dan wisatawan yang berasal dari negara yang telah terinfeksi virus corona.

Umat Muslim yang ingin melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci, Mekkah, atau berziarah ke Masjid Nabawi di Madinah, harus bersiap untuk membatalkan rencananya. Pasalnya, Arab Saudi menangguhkan sementara kedatangan jamaah umrah ataupun wisatawan dari negara-negara yang terinfeksi virus corona.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arab Saudi melalui akun twitter-nya menyatakan bahwa ini merupakan upaya untuk mencegah masuk dan menyebarnya wabah virus Covid-19 di negara kerajaan tersebut.

“Kedatangan ke Kerajaan (Arab Saudi) untuk tujuan umrah dan/atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah sementara ditangguhkan,” tulis Kemenlu Arab Saudi melalui akun Twitter resmi berbahasa inggrisnya, @KSAmofaEN, dikutip Kamis (27/2).

Namun penangguhan tersebut hanya diberlakukan terhadap negara yang penyebaran virus corona berada pada level berbahaya, berdasarkan kriteria yang ditentukan otoritas kesehatan Kerajaan.

(Baca: Korban Virus Corona Terus Bertambah, 4 Negara Laporkan Kasus Pertama)

Adanya peningkatan tajam jumlah kasus yang dilaporkan di Timur Tengah menjadi salah satu faktor yang memicu Arab Saudi mengambil langkah pencegahan ini. Sebagian besar kasus tersebut berasal dari Iran yang saat ini memiliki angka kematian tertinggi di luar Tiongkok, yakni mencapai 19 orang.

Negara-negara Timur Tengah lainnya seperti Kuwait, Bahrain, Oman, Libanon, Irak, dan Uni Emirat Arab melaporkan kasus positif infeksi corona di negerinya yang berasal dari warga yang melakukan perjalanan ke Iran baru-baru ini.

Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq al-Rabiah mengatakan pada Rabu (26/2), bahwa sejauh ini tidak ada kasus virus corona yang terdeteksi di negaranya. Dia pun menegaskan bahwa langkah penangguhan kedatangan jamaah umrah hanya bersifat sementara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...