Jokowi Tanggapi Tawaran Obat Penggemuk Badan lewat Instagram

Fahmi Ahmad Burhan
27 Februari 2020, 14:27
Ditawari Obat Penggemuk Badan Lewat Instagram, Jokowi: Kreatif
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo berpidato usai dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai masyarakat Indonesia cukup pintar melihat peluang dari perkembangan teknologi. Ia mencontohkan, dirinya sempat ditawari produk penggemuk badan melalui Instagram.

Memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk seperti itu merupakan hal yang kreatif. “Di Instagram saya sendiri misalnya, banyak yang menawarkan obat penggemuk badan," ujar Jokowi sembari bergurau, saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Ritz-Carlton Pasifik Place, Jakarta, hari ini (27/2).

Ia memantau berbagai media sosial, dan menemukan banyak masyarakat menawarkan produk mulai dari makanan, pakaian hingga obat peninggi badan. “Ini kreativitas luar biasa,” kata Jokowi.

(Baca: Potensi Ekonomi Digital Besar, Jokowi Ingin Manfaatnya Dirasakan UMKM)

Jokowi senang masyarakat memanfaatkan beragam teknologi. Apalagi, berdasarkan laporan Google, Temasek, dan Bain bertajuk e-Conomy SEA 2019, nilai ekonomi berbasis internet di Asia Tenggara diprediksi US$ 100 miliar atau 1.418,7 triliun pada 2019. Dari jumlah tersebut, sebesar 40% atau senilai US$ 40 miliar (sekitar Rp 567,9 triliun) berasal dari Indonesia.

Pada 2025, nilai ekonomi berbasis digital di regional diproyeksi mencapai US$ 300 miliar. Di Indonesia, nilainya diperkirakan tembus US$ 133 miliar.

Jokowi mendorong masyarakat Indonesia memanfaatkan potensi ekonomi berbasis digital tersebut. Apalagi, penetrasi internet di Tanah Air mencapai 65% dari total penduduk. “Jangan sampai kita hanya jadi pasar. Kita tidak mau jadi penonton saja di tengah kemajuan ekonomi digital ini,” katanya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...