Menteri ESDM: Pertamina Bangun Pabrik yang Ubah Kelapa Sawit jadi BBM

Rizky Alika
27 Februari 2020, 17:19
BBM, esdm, pertamina, kelapa sawit
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi, Menteri ESDM Arifin Tasrif memaparkan kinerja saat Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/1/2020). Arifin menyebut Pertamina bakal membangun pabrik katalis yang dapat mengubah minyak kelapa sawit menjadi BBM.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong Pertamina mengurangi impor migas. Salah satu caranya dengan membangun pabrik katalis yang bisa mengubah minyak kelapa sawit menjadi BBM.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut modal untuk membangun pabrik tersebut mencapai Rp 150 miliar. Rencananya, pabrik tersebut akan dibangun oleh Pertamina, Pupuk Kujang, dan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

"Pabrik katalis itu yang mau membuat Bahan Bakar Minyak dari sawit," kata Arifin usai bertemu Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (27/2).

Tanda tangan kerja sama ketiga pihak akan dilaksanakan pada awal Maret 2020. Sedangkan, proses peletakan batu pertama atau ground breaking  pabrik katalis bakal dimulai pada akhir Maret.

Pabrik tersebut merupakan hasil kemitraan Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis Institut Teknologi Bandung (ITB) dan mitra perusahaan. Dari hasil penelitian didapat katalis atau zat yang bisa mempercepat reaksi kimia minyak kelapa sawit yang menghasilkan tiga jenis bahan bakar, yaitu bensin, diesel, dan avtur.

(Baca: Pertamina - Petronas Sepakat Jual Beli Minyak Senilai US$ 500 Juta)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...