SKK Migas: Chevron Investasi jika Pertamina tak Mengebor Blok Rokan

Image title
27 Februari 2020, 19:08
chevron, pertamina, blok rokan, skk migas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Dwi Soetjipto selaku Kepala SKK Migas memberikan paparan dalam acara Sarasehan Migas Nasional ke dua dengan tema "Tren Terkini, Peluang dan Terobosan Industri Migas Indonesia Akses Pendanaan Bagi Industri Hulu Migas Indonesia" di Wisma Utama, Jakarta (10/10/2019). Dwi mengatakan Chevron akan investasi di Blok Rokan karena Pertamina tak bisa memulai kegiatan pengeboran pada tahun ini.

Diskusi antara Pertamina dan Chevron terkait transisi Blok Rokan tak kunjung rampung. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas pun mendesak Chevron untuk berinvestasi di blok tersebut pada tahun ini. 

Pasalnya, Pertamina tak bisa memulai pengeboran di Blok Rokan jika tak ada kesepakatan transisi dengan Chevron. Padahal kegiatan pengeboran dibutuhkan untuk menjaga produksi minyak blok tersebut ketika alih kelola pada 2021. 

"Chevron yang akan investasi, sehingga di akhir proyek kami mengkompensasi unrecovered costs sisa yang belum terkelola. Kami sedang menunggu proposal dari Chevron," ujar Dwi saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Kamis (27/2).

Selain kegiatan pengeboran, Pertamina rencananya mulai menerapkan teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR) kimia pada tahun ini. Teknologi tersebut sebelumnya telah diuji coba oleh Chevron.

(Baca: SKK Migas: Pertamina Tak Perlu Kaji Ulang Metode EOR di Blok Rokan )

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...