Pertumbuhan Kredit Bank Makin Menciut, Hanya 5,7% pada Januari

Agatha Olivia Victoria
28 Februari 2020, 17:46
Pertumbuhan kredit, Kredit perbankan, Bank Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Indonesia (BI) mencatat, pertumbuhan kredit perbankan semakin mengecil. Total kredit perbankan per Januari 2020 tercatat Rp 5.514,4 triliun, hanya tumbuh 5,7% secara tahunan. Ini lebih rendah dibandingkan posisi Desember yang tumbuh 5,9% secara tahunan.

"Perlambatan penyaluran kredit terjadi baik pada debitur korporasi maupun perorangan," demikian tertulis dalam keterangan resmi BI yang dirilis pada Jumat (28/2).

Kredit kepada korporasi tumbuh melambat dari 5,9% secara tahunan pada Desember 2019 menjadi 5,2% pada Januari 2020. Sedangkan kredit kepada perorangan melambat dari 7,2% menjadi 6,6%.

(Baca: Pertumbuhan Laba 4 Bank BUMN Melambat)

Berdasarkan jenis penggunaan, perlambatan pertumbuhan kredit terutama terjadi pada kredit investasi. Pertumbuhan kredit investasi tercatat melambat dari 12,8% menjadi 10,1%. Perlambatan terutama pada sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan, hotel, dan restoran (PHR).

Pertumbuhan kredit investasi untuk sektor industri pengolahan tercatat melambat dari 4,4% menjadi 1,3%. Penyaluran kredit melambat terutama untuk subsektor industri semen, kapur dan gips di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sedangkan pertumbuhan kredit investasi pada sektor perdagangan, hotel, dan restoran melambat dari 10,4% menjadi 5%. Perlambatan penyaluran kredit terutama terjadi pada subsektor perdagangan eceran makanan, minuman, dan tembakau di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di sisi lain, kredit modal kerja dan kredit konsumsi mengalami peningkatan pertumbuhan, meskipun tidak signifikan. Kredit modal kerja tumbuh 3% secara tahunan pada Januari 2020, lebih tinggi dibandingkan 2,2% pada Desember 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...