Pesawat Evakuasi WNI Kru Diamond Princess Bakal Mendarat di Kertajati

Agustiyanti
1 Maret 2020, 10:45
evakuasi wni, kapal diamond princess, garuda indonesia, bandara haneda, bandara kertajati, virus corona
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ilustrasi. Pesawat Garuda Indonesia Airbus 330 yang bertugas menjemput WNI di Kapal Diamond Princess telah mendarat di Bandara Haneda, Jepang pada Sabtu (29/2).

Pesawat yang mengevakuasi 68 warga negara Indonesia dari kapal Diamond Princess terkait penyebaran virus corona akan mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka pada Minggu malam (1/3). Evakuasi menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airbus 330 yang akan diterbangkan langsung dari Bandara Internasional Haneda, Jepang.

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat Salahudin Rafi mengatakan seluruh proses penerbangan WNI dari Kapal Diamond Princess dari Yokohama, Jepang ke Bandara Kertajati di bawah pengendalian dan koordinasi Kementerian Kesehatan.

Advertisement

"Betul, seluruh kegiatannya langsung di bawah Kementerian Kesehatan, Bandara Kertajati telah menyiapkan fasilitas terkait penerbangan," ujar Salahudin di Jakarta.

 (Baca: Korban Tewas Virus Corona Hampir 3.000, AS Laporkan Kematian Pertama)

Meski demikian, pihaknya belum mendapat kepastian pukul berapa pesawat dari Jepang akan mendarat di Kertajati.

"Kami baru dikabari jika pesawat kemungkinan mendarat malam nanti. Belum ter-update infonya, rencana malam ini," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengabarkan bahwa pesawat Garuda Indonesia Airbus 330 yang bertugas menjemput WNI di Kapal Diamond Princess telah mendarat di Bandara Haneda, Jepang pada Sabtu (29/2).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement