Bimbang Tawaran Tiket Pesawat Murah dan Kekhawatiran Virus Corona

Image title
2 Maret 2020, 07:00
tiket pesawat murah, diskon tiket pesawat, virus corona, 10 destinasi wisata
ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Ilustrasi. Diskon tiket pesawat hingga 50% untuk menangkal dampak virus corona diberikan selama tiga bulan, mulai 1 Maret hingga 31 Mei 2020.

Harga tiket pesawat ke sejumlah destinasi mendadak kembali murah. Pemerintah meminta maskapai memberikan diskon hingga 50% untuk rute dari dan menuju 10 destinasi wisata utama yang tengah lesu akibat terdampak virus corona.

Tawaran diskon ini pun tak luput dari perhatian Rudi Erwanto (25) yang hobi berpelesir. Ia sudah mengincar destinasi yang ingin dikunjungi pada tahun ini, salah satunya Raja Ampat di Papua. 

"Saya dari dulu rencana pengen ke Raja Ampat akan tetapi selalu terkendala dengan biaya tiket pesawat yang mahal," ujar dia saat dihubungi  Minggu (1/3). 

Namun, Sorong yang menjadi tujuan penerbangan untuk menuju Raja Ampat tak masuk dalam daftar destinasi yang mendapat diskon hingga 50% dari maskapai. Harga tiket dari dan menuju Sorong masih dibanderol paling murah Rp 1,9 juta untuk sekali jalan atau Rp 4 juta untuk pulang pergi. 

Di sisi lain, Rudi juga masih khawatir dengan perkembangan virus corona. Ia pun berharap pemerintah dapat lebih meyakinkan prosedur pencegahan dan penanganan wabah covid-19.

"Sebenarnya diskon tiket pesawat sebesar 50% in biasanya sangat disambut positif dikalangan travelers low budget, seperti saya" ujarnya.

(Baca: Obral Tiket Pesawat Imbas Corona, Jakarta-Yogyakarta Mulai Rp 300 Ribu)

Pebrianto Eko Wicaksono (3o) juga tergiur dengan diskon tiket pesawat yang ditawarkan maskapai atas inisiatif pemerintah. "Ini bisa jadi kesempatan untuk berlibur dengan biaya yang lebih rendah," ujarnya.

Namun di sisi lain, ia juga masih ragu dengan destinasi wisata yang pasti aman dari penyebaran virus corona. Meski Indonesia belum memiliki kasus infeksi virus corona yang terkonfirmasi, kemungkinan penularan virus tersebut tetap ada. 

"Jadi jangan sampai terbawa euforia tiket murah," katanya.

Di tengah kondisi saat ini, Eko lebih memilih tujuan wisata yang tak banyak dikunjungi turis asing. Dalam waktu dekat ini, pria yang bekerja di media daring tersebut berencana akan mengunjungi beberapa kota di Pulau Jawa, di antaranya Klaten dan Bantul.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...