Dua WNI Positif Corona, Kemenhub Belum akan Batasi Transportasi Umum

Image title
2 Maret 2020, 15:01
transportasi umum, virus corona, wni positif virus corona
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sejumlah warga mengantre untuk menaiki bus di Jakarta, Jumat (14/2/2020). Kementerian Perhubungan belum akan membatasi operasional transportasi umum seiring 2 WNI yang positif terinfeksi virus corona.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan belum akan membatasi operasional transportasi umum seiring dengan adanya dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang terpapar virus corona atau Covid-19.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk meningkatkan keamanan di setiap sarana-sarana transportasi umum untuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan tersebut.

"Sementara belum ada pembatasan. Cuma saya mengimbau saja kepada masyarakat terutama di angkutan umum, kendaraan darat, Transjakarta, bus dan sebagainya atau di kendaraan transportasi umum yang lain untuk menggunakan masker," kata dia di Jakarta, Senin (2/3). 

Budi mengatakan bahwa langkah antisipatif tetap akan diterapkan pada tempat-tempat sarana transportasi umum seperti pelabuhan internasional, terminal dan bandara, suhu tubuh seluruh penumpang akan diperiksa sebelum keberangkatan.

(Baca: Jokowi Nyatakan 2 WNI di Indonesia Positif Virus Corona)

Apabila nantinya ada yang terindikasi mengidap virus tersebut akan segera dievakuasi oleh tim medis yang telah disiapkan. "Jadi minimal dideteksi panasnya, kemudian mungkin seperti yang dicatat juga di bandara," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...