Imbau Warga Jakarta Tak Panik Belanja karena Corona, Anies: Stok Cukup

Image title
2 Maret 2020, 19:42
virus corona, anies baswedan, retail, jakarta
ANTARA FOTO/Suwandy
Ilustrasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat membuka kegiatan olahraga sepeda santai di Kanal Banjir Timur (KBT), Malaka Sari, Jakarta Timur, Minggu (15/12/2019). Anies menyebut stok kebutuhan cukup sehingga masyarakat tidak perlu panik belanja karena virus corona.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat tidak panik belanja atau panic buying karena wabah virus corona atau Covid-19. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk memastikan stok kebutuhan masyarakat tersedia.

"Siang ini terjadi panic buying dan kami sudah komunikasi dengan Aprindo, disampaikan stok kebutuhan cukup. Oleh karena itu jangan membeli berlebih karena dapat menganggu stabilitas," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin (2/3) malam.

Lebih lanjut, Anies mengatakan pemerintah dan Aprindo tidak membatasi penjualan barang kebutuhan masyarakat. Salah satu barang yang paling diserbu masyarakat saat ini yaitu hand sanitizer.

Padahal menurut dia, langkah efektif untuk mencegah virus corona yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Oleh karena itu, Anies meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. 

"Saya mengimbau masyarakat, meskipun ramai-ramai membeli hand sanitizer, paling baik cuci tangan dengan air mengalir dan sabun," kata dia.

(Baca: Virus Corona Masuk ke RI, Gerai Retail Diserbu Pembeli)

Ketua Umum Aprindo Roy N. Mandey mengimbau masyarakat Indonesia tidak panic buying akibat wabah virus corona di Indonesia. Pasalnya, anggota peritel modern selalu siap memenuhi kebutuhan pangan maupun non pangan masyarakat. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...