Pemerintah Minta Masyarakat Tak Panik Belanja Akibat Kasus Corona

Dimas Jarot Bayu
2 Maret 2020, 19:12
 masyarakat harus tetap tenang karena situasi yang terjadi masih berjalan normal.
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri PMK Muhadjir Effendy hari Senin (2/3) mengatakan masyarakat harus tetap tenang karena situasi yang terjadi masih berjalan normal.

Pemerintah meminta masyarakat tak panik belanja usai adanya kasus virus corona Covid-19 di Indonesia. Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), masyarakat harus tetap tenang karena situasi yang terjadi masih berjalan normal. 

Makanya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan Muhadjir Effendy meminta masyarakat tak memburu masker dan menimbun kebutuhan pokok di rumah. Ia mengatakan kepanikan justru akan memperparah situasi yang ada saat ini. “Situasi ini semuanya berjalan seperti biasa,” kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Advertisement

(Baca: Virus Corona Masuk ke RI, Gerai Retail Diserbu Pembeli)

Adapun, pemerintah bakal membuat strategi baru dalam menangani kasus virus corona di dalam negeri. Hal itu salah satunya bakal dilakukan dengan memperketat pengawasan di berbagai pintu masuk RI. “Termasuk (peningkatan kualitas) alat-alat deteksinya dan seterusnya,” kata Muhadjir.

Usai pengumuman adanya warga negara Indonesia (WNI) yang positif corona hari Senin (2/3) siang, tampak sejumlah masyarakat tampak panik dan memborong barang kebutuhan pokok di gerai retail modern.

Salah satunya terjadi di gerai retail modern Transmart Carefour. Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour Satria Hamid membenarkan telah terjadi peningkatan kunjungan dan transaksi belanja masyarakat hari ini di sejumlah gerai perseroan di Jakarta. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement