ADB Nilai Ekonomi Indonesia Masih Sehat di Tengah Wabah Corona

Agatha Olivia Victoria
3 Maret 2020, 15:42
virus corona, ADB, ekonomi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Perekonomian Indonesia masih dianggap sehat di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19. Presiden Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa menilai meski perekonomian Indonesia masih sehat namun harus mewaspadai tekanan ekonomi dalam beberapa waktu ke depan.

Saat ini pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik karena ditopang konsumsi masyarakat."Bagaimanapun juga, perekonomian Indonesia masih sangat sehat dan kuat yang bersumber dari konsumsi," kata Asakawa dalam konferensi pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (3/3).

Advertisement

Asakawa mengapresiasi pemerintah yang berhati-hati dalam mengambil kebijakan makroekonomi dan manajemen fiskal. Sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi domestik di tengah wabah virus corona dan isu-isu terkait perdagangan global.

(Baca: ADB Siap Kucurkan Utang Rp 38 Triliun ke Indonesia )

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa persebaran virus corona berpotensi menekan perekonomian Indonesia. Terutama pada investasi dan konsumsi, serta beberapa aktivitas ekonomi lainnya dalam jangka waktu ke depan.

Sektor ekonomi yang paling terdampak di Indonesia dengan adanya virus ini yakni pariwisata dan bisnis. "Serta produksi dan rantai suplai," kata dia.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menilai, pemerintah saat ini terus waspada dan serius dalam menanggapi masuknya virus corona di Indonesia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement