Bank Dunia Kucurkan Pinjaman Rp 170 T Kepada Negara Terdampak Corona

Agatha Olivia Victoria
4 Maret 2020, 14:14
bank dunia, virus corona, pinjaman, utang
Arief Kamaludin | Katadata
Logo Bank Dunia. Bank Dunia akan kucurkan pinjaman sebesar US$ 12 miliar atau Rp 170 triliun untuk negara-negara yang terdampak virus corona.

Bank Dunia akan mengucurkan pinjaman cepat sebesar US$ 12 miliar atau sekitar Rp 169,9 triliun (kurs Rp 14.155/US$) untuk negara-negara yang terjangkit virus corona (Covid-19). Pinjaman ini dirancang untuk membantu lebih dari 60 negara untuk mengatasi dampak Covid-19.

“Kami berupaya memberikan respons yang cepat dan fleksibel berdasarkan kebutuhan negara berkembang dalam menangani penyebaran Covid-19,” kata Presiden Grup Bank Dunia David Malpass dalam keterangan resminya di Washington, Amerika Serikat (AS), Selasa (3/3).

Melalui pinjaman cepat ini, Bank Dunia akan membantu negara-negara berkembang memperkuat sistem kesehatan. Terutama, untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan untuk memberikan perlindungan dari epidemi, memperkuat pengawasan penyakit, dan mengurangi dampak virus corona terhadap ekonomi.

(Baca: Akibat Corona, Pertemuan IMF-Bank Dunia 2020 Digelar Secara Virtual)

Adapun paket pinjaman tersebut berasal dari beberapa organisasi di bawah Grup Bank Dunia seperti International Development Association (IDA), International Bank for Reconstruction and Development (IBRD), dan International Finance Corporation (IFC) yang akan dikoordinasikan secara global.

Dana US$ 12 miliar ini akan dikucurkan terlebih dahulu melalui jalur cepat sebesar US$ 8 miliar (Rp 113,24 triliun). Secara keseluruhan, dana ini berasal dari IBRD sebesar US$ 2,7 miliar (Rp 38,22 triliun), US$ 1,3 miliar (Rp 18,4 triliun) dari IDA, US$ 2 miliar reprioritasisasi dari portofolio milik Bank Dunia, dan US$ 6 miliar dari IFC.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...