Bursa Saham Global Anjlok, IHSG Sesi I Turun 2,15% ke Level 5.517

Image title
6 Maret 2020, 13:22
ihsg hari ini, ihsg akhir pekan, ihsg sesi i, virus corona, rusia turki
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
IHSG sesi I di akhir pekan, Jumat (6/3), anjlok 2,15% ke level 5.517. Selain masih dipengaruhi sentimen virus corona, juga ditambah ketegangan geopolitik yang meningkat antara Rusia dan Turki.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi pertama, Jumat (6/3) anjlok 121,13 poin atau 2,15% ke level 5.517. Penurunan indeks dalam negeri sejalan anjloknya bursa saham Asia dan global.

Dari bursa saham di kawasan Asia hingga pukul 12.30 WIB, indeks Nikkei 225 memimpin dengan terkoreksi 2,93%, kemudian Kospi turun 2,37%, Hang Seng turun 2,15%, Straits Times turun 1,76%, serta Shanghai Composite turun 0,98%. 

Koreksi bursa saham Asia juga didorong oleh anjloknya bursa saham Amerika Serikat (AS) di Wall Street. Indeks Dow Jones ditutup turun 3,58%, lalu S&P 500 turun 3,39%. Terakhir,  sedangkan Nasdaq turun hingga 3,1%.

(Baca: Investor Ambil Untung Efek Virus Corona, IHSG Hari Ini Diramal Turun)

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan, anjloknya pasar saham global masih dipengaruhi sentimen virus corona, serta ditambah dengan ketegangan antara Turki dan Rusia terkait gencatan senjata di Suriah.

Sehingga pasar saham dan pasar obligasi dalam negeri akhir pekan ini diramal bakal terkapar. "Kami melihat volatilitas yang terjadi di dalam negeri juga masih cukup tinggi. Oleh sebab itu, kami melihat hari ini masih akan terjadi koreksi," kata Nico.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...