Kondisi Membaik, Dua Pasien Corona Disebut Berpeluang Besar Sembuh

Dimas Jarot Bayu
6 Maret 2020, 17:05
Pasien Corona, virus corona, rspi sulianti saroso, rs sulianti saroso
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Petugas menggunakan masker di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Dua pasien positif corona tengah diisolasi di rumah sakit ini.

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menilai peluang dua pasien yang menderita virus corona atau Covid-19 untuk sembuh cukup besar. Pasalnya, kondisi kesehatan kedua pasien terus membaik setelah enam hari diisolasi.

“Indikator ini menjadi suatu parameter bagi kami semua bahwasannya insyaAllah kedua pasien ini akan sembuh,” kata Syahril di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3).

Ia menceritakan awalnya kedua pasien mengalami demam tinggi, batuk, pilek, dan sesak nafas. Kondisi fisik keduanya pun agak lemah. Ini berlanjut hingga hari kedua isolasi, namun membaik pada hari ketiga.

(Baca: Tiongkok Prediksi Tak Ada Kasus Baru Corona di Wuhan pada Akhir Maret)

Kini, kedua pasien sudah tak lagi mengalami demam. Meski demikian, mereka masih mengalami sedikit sesak nafas dan batuk.

“Tentu saja karena yang diserang adalah saluran nafas, maka untuk batuk ini butuh waktu untuk dikeluarkan dari saluran nafasnya,” ujar Syahril.

Lebih lanjut, ia mengatakan kedua pasien sudah bisa berkomunikasi dengan baik dan melakukan aktivitas secara mandiri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...