Menko PMK: RS Khusus Corona di Pulau Galang Siap Digunakan Akhir Maret

Rizky Alika
9 Maret 2020, 16:35
Menko PMK: RS Khusus Corona di Pulau Galang Siap Digunakan Akhir Maret.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memperkirakan rumah sakit khusus pasien corona di Pulang Galang bisa digunakan akhir Maret 2020. RS tersebut telah dipersiapkan untuk menangani pasien yang terdampak wabah virus corona.

Pemerintah memastikan rumah sakit khusus untuk menangani pasien virus corona (Covid-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau siap untuk digunakan akhir Maret 2020. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden kepada Panglima TNI untuk menyelesaikan dalam kurun waktu dua pekan.

"Fasilitas sudah ada, tinggal ditingkatkan saja," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di kantornya, Jakarta, Senin (9/3).

(Baca: Jokowi Targetkan Renovasi RS Corona Pulau Galang Rampung Sebulan )

Menurutnya, rumah sakit tersebut disiapkan untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona. Fasilitas tersebut juga akan menjadi sarana cadangan selain dua tempat observasi corona yang telah disediakan, yaitu di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu dan Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

Nantinya, tenaga medis akan ditangani oleh Dinas Kesehatan TNI. Renovasi bangunan di pulau tersebut juga tengah ditangani oleh Panglima TNI.

(Baca: Pekan Depan, Jokowi Akan Gelar Ratas RS Virus Corona Pulau Galang)

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono  mengatakan proses renovasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang mulai dilakukan Rabu (4/3) lalu. Fasitas tersebut dinilai penting di tengah semakin mewabahnya virus corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...