Wall Street Dibuka Anjlok 7%, Perdagangan Saham Sempat Dihentikan

Agustiyanti
9 Maret 2020, 22:07
wall street, bursa saham wall street, indeks s&P 500, dow jones, nasdaq, penghentian sementara perdagangan saham
xPACIFICA/Getty Image
Ilustrasi. Bursa Efek New York menghentikan sementara perdagangan tak lama usai pembukaan selama 15 menit guna menenangkan investor.

Wall Street dibuka anjlok pada perdagangan Senin (9/3) akibat kepanikan para investor terhadap penyebaran virus corona yang meningkat pesat secara global dan dampak ke ekonomi. Bursa Efek New York bahkan sempat menghentikan perdagangan saham selama 15 menit setelah indeks S&P 500 turun 7%.

Dikutip dari CNN, penghentian sementara ini dilakukan tak lama setelah perdagangan dimulai. Hal tersebut dilakukan untuk menenangkan para investor ketika mereka panik.

Adapun penghentian sementara kedua akan kembali dilakukan selama 15 menit jika bursa saham turun lebih dari 13%. Sementara jika pasar jatuh 20%, perdagangan hari ini kana dihentikan.

(Baca: Redam Dampak Virus Corona, IMF Sarankan Pemberian Bantuan Tunai)

Saham-saham perusahaan transportasi pada indeks Dow Jones turun 6,6% sebelum pasar sempat dihentikan. Transportasi kini tengah berada dalam kondisi sulit meski harga minyak yang anjlok memberi sedikit nafas.

Meski bahan bakar mengambil porsi cukup besar bagi biaya operasional maskapai, ini tidak akan mengimbangi penurunan besar permintaan yang dihadapi akibat wabah covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...