Asosiasi Cemas Kasus Jiwasraya Ganggu Industri Asuransi Jiwa

Agatha Olivia Victoria
11 Maret 2020, 20:49
asuransi jiwa, jiwasraya, kasus dugaan korupsi jiwasraya, kinerja industri asuransi
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Ilustasi. Masalah Jiwasraya dinilai tak berdampak pada kinerja industri asuransi jiwa pada tahun lalu.

Penanganan kasus asuransi Jiwasraya yang berlarut-larut dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja industri asuransi jiwa. Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Budi Tampubolon berharap penegak hukum dan pemerintah segera menyelesaikan kegaduhan pada BUMN asuransi itu. 

"Apalagi ada yang rekeningnya terblokir dan sebagainya. Perlahan-lahan kami khawatir akan berimbas pada kepercayaan masyarakat terhadap industri," ujar Budi dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (11/3).

Ia berharap pemerintah juga segera menemukan solusi untuk mengatasi masalah keuangan Jiwasraya yang berimbas pada gagal bayar klaim. Apalagi, permasalahan sudah terjadi sejak 2006. 

Belum lagi, saat ini perekonomian domestik maupun dalam negeri dalam situasi yang penuh tantangan. Hal tersebut pun menambah kekhawatiran bagi industri asuransi.

(Baca: Ada Kasus Jiwasraya, Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Naik 5% pada 2019)

Namun, permasalahan Jiwasraya belum menganggu kinerja industri asuransi hingga akhir tahun lalu. "Ini terlihat dari peningkatan kinerja 59 asuransi jiwa di Indonesia," kata dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...