Harga Minyak Rendah, Pelaku Industri Migas Minta Insentif Fiskal

Image title
11 Maret 2020, 18:53
harga minyak, migas, pajak
Katadata
Ilustrasi, blok migas. Pelaku industri hulu migas meminta insentif fiskal berupa keringanan pajak dan bagi hasil di tengah penurunan harga minyak.

Pelaku usaha hulu migas meminta insentif fiskla kepada pemerintah setelah harga minyak anjlok lebih dari 20% pada awal pekan ini. Beberapa insentif yang diusulkan berupa keringanan pajak dan bagi hasil.

Ketua Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) John Simamora mengatakan rendahnya harga minyak bakal membuat perusahaan migas lebih selektif dalam mengembangkan proyek hulu. "Kalau ini berlangsung terus, apakah beberapa proyek masih ekonomis. Karena waktu dikasih keekonomian harganya dipatok sekian," ujar John di Jakarta, Rabu (11/3).

Advertisement

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah diharapkan menyiapkan paket kebijakan khusus berupa keringanan pajak dan bagi hasil. Dengan begitu, industri migas tetap menarik dan atraktif.

"Tentu harus diskusi cepat dengan Kementerian Keuangan karena ini memukul penerimaan negara dari sektor migas," ujarnya.

Pasalnya, perusahaan migas telah memiliki asumsi harga yang disepakati bersama. Ketika harga tak sesuai, beberapa proyek bisa ditunda.

"Kalau harga minyak turun, internal rate of return mungkin jadi kecil banget kan, lebih memilih menunggu. Dampaknya bergulir ke lifting nasional, pemerintah harus membuat sesuatulah," kata John.

(Baca: Produksi Minyak Hanya 94% dari APBN, SKK Migas Evaluasi Program KKKS)

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Petroleum Association (IPA) Marjolijn Wajong anjloknya harga minyak dunia pada 2015 silam hingga kini masih dirasakan oleh pelaku industri. Kondisi harga minyak saat ini pun semakin membuat perusahaan migas semakin terbebani.

Ia pun lantas berencana mengadakan pertemuan dengan pemerintah guna membahas dampak penurunan harga minyak terhadap industri migas dan memberikan usulan insentif.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement