Apindo: Tambahan Libur & Cuti Bersama Tak Berdampak ke Pariwisata

Image title
12 Maret 2020, 18:43
Apindo: Libur Nasional & Cuti Bersama Tak Berdampak ke Pariwisata.
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Wisatawan beraktivitas di Pantai Tanah Lot, Tabanan, Bali, Minggu (16/2/2020). Asosiasi hotel dan restoran sebut tambahan libur dan cuti nasional tak pengaruhi pariwisata.

Pemerintah telah memutuskan bakal menambah jumlah hari libur dan cuti bersama bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan swasta. Namun, pengusaha pesimistis kebijakan tersebut bakal membantu mengerek sektor pariwisata dan meningkatkan jumlah wisatawan. 

"Berdasarkan catatan kami di 2018, sebetulnya penambahan hari libur itu tidak begitu berdampak signifikan terhadap pariwisata kita," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (12/3). 

Advertisement

(Baca: Luhut: Tambahan Cuti Bersama Dorong Pariwisata yang Lesu karena Corona)

Selain itu, maraknya kasus wabah corona saat ini, banyak masyarakat enggan berpergian. Daya beli pun berpotensi menurun akibat virus tersebut. 

Di sisi lain, penambahan waktu libur juga dinilai dapat merugikan pengusaha, terlebih di sektor  industri. Hal itu akan semakin memberatkan pengusaha, di tengah sulitnya industri manufaktur mendapatkan bahan baku.

"Bisa terjadi penurunan  produktivitas," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tambahan cuti bersama tahun ini diklaim mampu mendorong sektor pariwisata yang lesu karena wabah virus corona atau Covid-19. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement