Facebook Investasi di Perusahaan IT RI Bangun 20 Ribu KM Fiber Optik

Cindy Mutia Annur
12 Maret 2020, 19:20
Facebook Investasi di Perusahaan IT Indonesia Bangun 20 Ribu KM Fiber Optik
alita
(Ki-Ka) Teguh Prasetya Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Johnny Gerard Plate Menteri Komunikasi dan Informatika, Ruben Hattari Head of Public Policy for Indonesia at Facebook dalam konferensi pers kerjasama Alita dan Facebook Connectivity di Jakarta, Kamis (12/3)

Facebook memberikan pendanaan dan bantuan teknologi kepada perusahaan teknologi informasi (IT) Indonesia, PT Alita Praya Mitra (Alita) untuk membangun infrastruktur telekomunikasi. Proyek tersebut yakni jaringan fiber optik sepanjang 20 ribu kilometer di delapan provinsi.

Kemitraan itu dilakukan antara Facebook Connectivity dan Alita. Facebook Connectivity merupakan inisiatif Facebook dalam mendukung konektivitas di beberapa negara.

Advertisement

Pembangunan jaringan fiber optik itu dibagi menjadi tiga tahapan. Fase pertama, 3.000 kilometer jaringan dibangun di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawei. Infrastruktur ini ditarget rampung pada 2021.

(Baca: Pendanaan Satelit Satria Terhambat Virus Corona)

Public Policy Lead Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan, kolaborasi itu merupakan bentuk upaya perusahaan membantu pembangunan konektivitas di Indonesia. "Bertujuan membantu aspirasi pemerintah agar konektivitas lebih merata, terutama di wilayah 4G, dan juga bagian timur Indonesia," ujar Ruben dalam acara kerja sama Facebook dan Alita di Jakarta, Kamis (12/3).

Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya menambahkan, perusahaan berperan membangun, memelihara, dan mengoperasikan jaringan fiber optik tersebut. Sedangkan Facebook memberi bantuan berupa teknologi dan pendanaan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement