IHSG Jatuh di Bawah 5.000, OJK Tak akan Respons Berlebihan

Image title
12 Maret 2020, 19:49
ihsg anjlok, ihsg di bawah 5.000, ojk, otoritas jasa keuangan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama. Covid-19
Ilustrasi. IHSG hari ini turun lebih dari 5% ke posisi 4.895.

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan sepanjang tahun ini anjlok 22,28% dan kini berada di level 4.895. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan tak akan bersikap reaktif menanggapi penurunan tersebut, tetapi akan terus memantau pergerakan pasar modal. 

Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II OJK Fakhri Hilmi menjelaskan seluruh bursa saham di dunia kini mengalami kondisi yang sama. Oleh karena itu, pihaknya pun tak ingin mengeluarkan kebijakan yang terlalu berlebihan dan berbeda dengan otoritas pasar modal negara lainnya.

"Regulator tidak akan reaktif. Kami akan cermati dengan melihat parameter-paramater,  misalnya tadi 5% langsung di halt, 10% autorejection," ujar  Fakhri di Padang, Sumatera Barat, Kamis (12/3).

IHSG pada perdagangan hari ini turun lebih dari 5%  pada pukul 15.33 WIB. Bursa Efek Indonesia pun menghentikan sementara perdagangan selama 30 menit. Lantaran perdagangan resmi ditutup pukul 16,00 WIB, maka perdagangan baru akan dibuka pada besok. 

Level penutupan indeks hari ini merupakan yang terendah sejak 2016, seperti terlihat dalam databoks di bawah ini.

OJK saat ini telah mengeluarkan kebijakan relaksasi bagi emiten di pasar modal untuk bisa membeli saham yang beredar atau buyback tanpa melalui persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Keputusan tersebut dikelaurkan OJK pada Senin (9/3).

Selain itu, melalui Bursa Efek Indonesia, OJK melarang perdagangan short selling. Kebijakan lainnya yakni penghentian perdagangan selama 30 menit, jika IHSG turun lebih dari 5%.

(Baca: Hadapi Corona, Pemerintah Kaji Pembebasan Iuran BPJS Ketenagakerjaan)

Selain itu, diterapkan pula penghentian permintaan jual-beli secara otomatis atau autorejection asimetris. Seluruh fraksi harga saham, bakal di-reject jika turun lebih dari 10% dalam sehari perdagangan

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...