Permintaan Turun Terdampak Corona, Pengusaha Tingkatkan Efisiensi

Image title
12 Maret 2020, 14:19
virus corona, kadin, biaya produksi,
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Permintaan menurun drastis seiring merebaknya wabah virus corona yang membuat pasokan bahan baku menjadi terhambat. Efisiensi biaya produksi jadi jalan yang harus ditempuh pengusaha.

Pengusaha berencana melakukan efisiensi biaya produksi di tengah meluasnya wabah virus corona atau Covid-19. Pasalnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meningkatkan status wabah virus tersebut menjadi pandemi global yang berpotensi mengancam dunia usaha.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin, Rosan Roeslani mengatakan hingga saat ini wabah tersebut membuat permintaan menurun drastis. Sehingga efisiensi sangat diperlukan untuk menekan biaya produksi.

"Kami melakukan efisiensi dari banyak hal tapi bukan pengurangan tenaga kerja dan harapannya memang pasokan rantai bahan baku ini tidak berhenti," kata dia di Jakarta, Kamis (12/3).

Menurut dia, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah wabah yang berpotensi memicu krisis ini diperlukan adanya kebijakan-kebijakan dalam bentuk fiskal, moneter dan kebijakan relaksasi lainnya. Hal ini diperlukan dalam rangka menjaga daya beli masyarakat. 

(Baca: Impor Terhambat Dampak Corona, Pengusaha Indikasikan Harga Pangan Naik)

Adapun berdasarkan catatan Kadin beberapa industri yang mulai terdampak diantaranya yakni industri elektronik, farmasi dan tekstil. Industri-industri tersebut sangat menggantungkan bahan bakunya dari Tiongkok.

"Ini yang coba kami antsipasi dan mencari pasokan bahan baku ke pasar negara lain juga tidak mudah karena harganya sudah mahal," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) Roy Mandey. Menurutnya, saat ini dunia retail terus melakukan efisiensi pengeluaran dengan cara mengorder barang-barang yang lebih diperlukan masyarakat terlebih dahulu.

Tak hanya itu, efisiensi dari segi penghematan operasional dan beban tenaga kerja juga akan dilakukan demi menjaga kelangsungan bisnis. Kendati demikian, Aprindo belum menentukan apakah akan ada pengurangan karyawan.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...