188 Kru Dream World yang Diobservasi Terkait Corona Pulang Besok

Dimas Jarot Bayu
13 Maret 2020, 21:12
dream world, kapal pesiar dream world, virus corona, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/HO/KBRI Tokyo
Ilustrasi. Para kru kapal pesiar Dream World telah melalui proses isolasi guna memastikan bebas dari virus corona di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta sejak 28 Februari 2020.

Sebanyak 188 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Dream World akan dipulangkan pada Sabtu (14/3). Mereka telah melalui proses isolasi guna memastikan bebas dari virus corona di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta sejak 28 Februari 2020.

"188 anak buah kapal Dream World sudah bisa dipulangkan seluruhnya," ujar Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3).

Menurut Yurianto, tidak ada satupun dari 188 kru World Dream yang menunjukkan gejala Covid-19. Pemerintah pun memberikan surat keterangan sehat kepada mereka.

"Mereka dalam kondisi sehat. Kami sudah memberikan surat keterangan (sehat)," kata Yurianto.

(Baca: Bertambah Dua, Pasien Sembuh dari Corona Menjadi Lima Orang)

Rencananya, 188 kru Dream World diantar dari Pulau Sebaru Kecil menggunakan KRI Semarang. Mereka bakal dikumpulkan terlebih dahulu di Markas Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pemerintah pusat kemudian akan berkomunikasi dengan pemerintah daerah tempat 188 kru Dream World tinggal untuk menerima mereka. "Selanjutnya mereka kami izinkan untuk pulang ke kampung halamannya," kata Yurianto.

Lebih lanjut, Yurianto menyebut sembilan WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess yang dirawat di Jepang sudah sembuh. Mereka sebelumnya terdeteksi terjangkit Covid-19, sehingga tak dipulangkan bersama 69 kru Diamond Princess lainnya ke Indonesia.

(Baca: Jurus Sukses Taiwan Tangkal Corona Meski Berdekatan dengan Tiongkok )

Yurianto mengatakan, mereka akan segera dipulangkan ke Indonesia. Meski demikian, mereka akan ditampung dulu sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

"Sambil menunggu rombongan besarnya yang masih diobservasi untuk pulang, sehingga pulangnya sama-sama," kata dia.

Pemerintah sebelumnya mengumumkan jumlah kasus virus corona di Indonesia bertambah 35  pada Jumat, (13/3). Dengan demikian, total 69 kasus positif Covid-19.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...