Asing Jual Saham Lagi Efek Virus Corona, IHSG Ditutup Anjlok 4,42%

Image title
16 Maret 2020, 17:49
Asing Jual Saham Lagi Efek Virus Corona, IHSG Ditutup Anjlok 4,42%
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi, pegawai melintas di depan layar pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup anjlok 4,42% ke level 4.690 pada perdagangan hari ini (16/3). Penurunan disebabkan oleh berbagai sentimen dari dalam dan luar negeri, terutama terkait mewabahnya virus corona.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan, IHSG kembali tertekan akibat pandemi corona. Apalagi jumlah kasus virus corona mencapai 134 di Indonesia per hari ini (16/3).

Advertisement

Investor asing kembali menjual saham di pasar reguler dengan nilai bersih Rp 534,53 miliar. Meski begitu, asing masing mencatatkan beli saham senilai Rp 772,64 miliar di pasar tunai dan negosiasi.

Secara keseluruhan, asing masih mencatatkan beli saham Rp 238,11 miliar di semua pasar. "Kepanikan pasar tidak bisa diredam bahkan dengan berita mengenai buy back saham," kata William dalam risetnya, hari ini (16/3).

Sedangkan Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai, penurunan IHSG disebabkan oleh kebijakan bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve. The Fed mengambil langkah ekstrim dengan memangkas suku bunga acuan mendekati nol pada Minggu (15/3) waktu setempat.

(Baca: BEI Peringatkan Emiten Suspensi Bakal Delisting Dalam Waktu 24 Bulan)

The Fed memangkas Fed Fund Rate menjadi 0% hingga 0,25%. Padahal, bank sentra AS sudah memotong bunga acuannya 0,5% menjadi 1 sampai 1,25% awal bulan ini.

Pemerintah AS berharap kebijakan itu dapat menjaga lapangan kerja dan stabilitas harga. Namun, pemangkasan suku bunga acuan ini lebih cepat dari prediksi awal.

Alhasil, bursa berjangka AS, Dow Jones Industrial Futures turun lebih dari 900 poin dan S&P 500 Futures anjlok 4% lebih pada perdagangan hari ini. Begitu juga dengan IHSG.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement