Memulai Tugas Menhub Ad Interim, Luhut Berikan Lima Instruksi

Rizky Alika
16 Maret 2020, 12:41
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Ratas tersebut membahas kesiapan dam
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kanan) berbincang dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) sebelum mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Ratas tersebut membahas kesiapan dampak virus corona pada perekonomian di Indonesia.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memulai tugasnya sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) Ad Interim dengan memberikan arahan kepada jajaran Kementerian Perhubungan.

Arahan yang terdiri atas lima instruksi ini disampaikan melalui rapat koordinasi melalui video conference di Jakarta, Minggu (15/3). Pertama, sterilisasi ruang kerja Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengantisipasi potensi penularan virus corona.

"Sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub agar segera dimulai selama dua hari ke depan," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, dalam keterangan resmi Kemenhub, Senin (16/3).

Kedua, Luhut meminta Kemenhub segera mendata individu yang berpotensi terinfeksi virus corona dan pihak yang berpotensi tertular tersebut diminta untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan. Selain itu, para pegawai Kemenhub juga diminta untuk tidak melakukan perjalanan dinas pejabat dan pegawai ke luar negeri untuk sementara waktu.

Ketiga, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat, dan Dirjen Perkeretaapian diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik. Hal ini dilakukan antara dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari dan dilaksanakans secara menyeluruh di daerah-daerah.

(Baca: Luhut Gantikan Posisi Menteri Budi Karya yang Positif Corona)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...