Wabah Corona Memicu PHK, Jokowi Luncurkan Kartu Prakerja Jumat Besok

Rizky Alika
17 Maret 2020, 17:52
kartu pra kerja, jokowi, daerah terdampak corona, phk
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/ama.
Objek wisata yang ditutup akibat wabah Covid-19. Pemerintah akan mengeluarkan kartu pra kerja Jumat (20/3), untuk membantu pekerja di daerah yang paling terdampak wabah virus corona atau Covid-19.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta percepatan implementasi kartu prakerja menjadi pekan ini untuk membantu pekerja di daerah yang paling terdampak wabah virus corona atau Covid-19.

Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, peluncuran awal kartu prakerja akan dilakukan pada Jumat (20/3).

"Beberapa minggu yang lalu kami percepat menjadi akhir Maret, tapi Presiden meminta dipercepat lagi menjadi minggu ini," kata dia di kantornya, Jakarta, Selasa (17/3).

Susiwijono mengungkapkan bahwa uji coba kartu prakerja akan dilakukan di tiga lokasi yang sektor pariwisatanya paling terdampak wabah virus corona, yakni Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Bali.

(Baca: Cegah PHK Dampak Corona, Pemerintah Kebut Peluncuran Kartu Pra Kerja)

Dia mengatakan, sejumlah pekerja di daerah tersebut telah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga perlu diberikan pelatihan kompetensi. Dengan demikian, korban PHK dapat meningkatkan kemampuannya untuk mencari pekerjaan baru atau melakukan wirausaha.

Setelah itu, pemerintah akan menerapkan program kartu pra kerja di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sedangkan, penerapan kartu pra kerja secara nasional akan dilakukan pada Agustus tahun ini.

Susiwijono menilai, peluncuran kartu pra kerja dilakukan pada momen yang tepat. Pasalnya pemerintah tengah menganjurkan kebijakan jarak sosial (social distancing). Dengan kartu pra kerja, pelatihan kompetensi bisa dilakukan secara daring (online).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...