Bertambah Lagi, Jumlah Pasien Meninggal Akibat Corona Jadi 7 Orang

Ameidyo Daud Nasution
18 Maret 2020, 12:24
virus corona, pasien meninggal, covid-19
ANTARA FOTO/Feny Selly/aww.
Petugas dengan pakaian pelindung menyemprotkan disinfektan saat di Masjid Al Islam Kemuning Palembang, Sumsel, Selasa (17/3/2020). Hingga hari Rabu (18/3) ada 7 orang meninggal akibat virus corona.

Wabah virus corona Covid-19 di Indonesia kembali merenggut nyawa pasien. Terbaru, pemerintah pada hari Rabu (18/3) merilis bahwa sudah ada 7 orang yang meninggal dunia akibat penyakit ini.

Jumlah kasus meninggal lantaran pandemi tersebut bertambah dari angka kematian hari Selasa (17/3) yakni 5 orang. Sedangkan pasien positif virus corona hingga saat ini masih 172 orang.

“Positif Covid-19 sampai sekarang 172 orang dan kematian mungkin 7 orang,” kata Prof Wiku Adisasmito, dari Tim Pakar Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (18/3).

Wiku juga meminta masyarakat tak panik dalam menghadapi corona. Dia lalu mengimbau warga membatasi kontak agar penyebaran wabah ini dapat dikendalikan. “Penting berjarak (secara) sosial sehingga bisa mengurangi penularan,” katanya.

Sebelumnya juru bicara nasional dalam penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan penambahan kasus terbanyak hari Rabu (17/3) terjadi di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau.

(Baca: Pemerintah Akan Perbanyak RS Universitas Layani Pasien Virus Corona)

Namun ia tidak memerinci berapa tambahan masing-masing di tiap wilayah itu. “Terbanyak di DKI, kami akui sebagai pintu gerbang masuk negara (jumlah) di DKI cukup besar,” katanya.

Sedangkan dari laman Kementeria Kesehatan, hingga hari Rabu (18/3) sudah ada 9 orang pasien yang sembuh. Selain itu ada pula 1.083 orang dengan hasil tes corona dinyatakan negatif. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...