Isolasi Pasien Corona, Pemerintah Siapkan 1.800 Ranjang di Wisma Atlet

Image title
Oleh Ekarina
18 Maret 2020, 19:40
Kasus Corona Naik, 1.800 Ranjang Wisma Atlet Disiapkan untuk Isolasi.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Gedung Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. peemrintah telah menyiapkan 1.800 tempat tidur di Wisma Atlet sebagai tempat isolasi pasien corona.

Pemerintah menyiapkan 1.800 tempat tidur di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sebagai tempat isolasi pasien virus corona. Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan fasilitas perawatan pasien  Covid-19, dari rumah sakit yang sudah ada sebelumnya.

"Pemerintah sudah menyiapkan Wisma Atlet, selain rumah sakit yang sudah ada sebagai tempat isolasi pasien. Saat ini sudah disiapkan ada sekitar 1.800 tempat tidur," kata Wakil Presiden Ma'ruf Amin di kediaman dinas wapres Jakarta, Rabu (18/3). 

Ma'ruf mengatakan jumlah pasien terinfeksi Covid-19 semakin bertambah. Oleh karena itu, penggunaan Wisma Atlet sebagai rumah sakit cadangan dinilai menjadi solusi untuk menangani pasien corona.

(Baca: Wisma Atlet Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Positif Virus Corona)

Saat ini menurutnya, sudah ada 132 rumah sakit  yang dilengkapi dengan kamar isolasi dan peralatan sesuai dengan standar WHO untuk menangani pasien corona.

"Pemerintah juga sudah melakukan langkah-langkah, termasuk membentuk satuan tugas untuk mempercepat proses penanganan," ujar Ma'ruf.

Dengan adanya pandemi ini, Wapres berharap masyarakat dapat semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan. Dia pun menghimbau agar masyarakat segera melakukan tes kesehatan ketika mengalami gejala seperti demam, radang tenggorokan, batuk, sesak nafas dan berkontak dengan pasien positif Covid-19. 

 Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam telekonferensi dengan media di Jakarta, hari ini mengatakan, Wisma Atlet menjadi aset negara yang saat ini paling siap digunakan untuk isolasi pasien COVID-19.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...