Jatuh Sakit, Perjuangan Dokter Handoko Tangani Corona di Usia 80 Tahun

Dimas Jarot Bayu
18 Maret 2020, 11:29
Dokter Spesialis Paru Handoko Gunawan, handoko gunawan, virus corona, covid-19, pandemi corona, dokter usia 80 tahun
Instagram/kitabisacom
Dokter Handoko Gunawan masih ikut menangani pasien terinfeksi virus corona meski kini berusia 80 tahun.

Usia tak menjadi penghalang bagi Dokter Spesialis Paru Handoko Gunawan untuk ikut berjuang di garis depan dalam penanganan virus corona di Tanah Air. 

Perjuangan dokter berusia 80 tahun ini ramai diperbincangkan di sosial media. Kisahnya diunggah akun Facebook bernama Dewi Laksmi Prasvita. Foto Handoko yang tengah bertugas lengkap dengan seragam pelindung diri diunggah melalui akun tersebut.

Advertisement

Dewi juga menyebutkan bahwa dokter lulusan Universitas Indonesia ini kerap bertugas menangani pasien hingga pukul 3 pagi. Padahal, anak-anaknya sudah menyarankan Handoko tak ikut bertugas karena usianya yang sudah mencapai 80 tahun. Hanya saja, Handoko berkukuh ingin membantu menyelamatkan nyawa pasien Covid-19.

(Baca: Darurat Corona Diperpanjang, Pengusaha Pastikan Stok Kebutuhan Cukup)

Perjuangan Handoko pun banjir pujian di media sosial. Banyak warganet yang juga mendoakan agar dokter yang memiliki pengalaman 39 tahun ini tetap aman dan sehat ketika menangani pasien Covid-19.

Saat ini, ia dikabarkan tengah mendapatkan perawatan di ruang ICU lantaran mengalami sesak nafas. Kondisi teranyar Handoko diunggah oleh aktris Kirana Larasati di akun Twitter-nya @kiranalarasati pada Selasa (17/3). 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement