Melonjak 180%, Penyaluran Dana Desa hingga Februari Rp 1,7 Triliun

Happy Fajrian
18 Maret 2020, 21:12
dana desa, sri mulyani, penyaluran dana desa
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Tahun ini pemerintah telah menyalurkan dana desa sebesar Rp 1,7 triliun hingga Februari 2020, melonjak 180% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang baru Rp 600 miliar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa penyaluran dana desa hingga Februari 2020 mencapai Rp 1,7 triliun. Jumlah tersebut naik 180% dibandingkan penyaluran dana desa pada periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 600 miliar.

Menkeu mengatakan bahwa lonjakan ini berkat kebijakan pemerintah untuk mentransfer langsung dana ke rekening milik desa.

Advertisement

“Artinya kebijakan kami melakukan transfer langsung ke rekening desa menunjukkan hasil positif dari sisi percepatan penyalurannya,” katanya ketika memaparkan kinerja APBN Februari 2020 melalui konferensi video di Jakarta, Rabu (18/3).

Adapun mulai tahun ini, transfer dana desa tidak lagi melalui rekening kas umum daerah (RKUD) kabupaten/kota tapi langsung ke rekening kas desa sehingga penyerapan diharapkan bisa lebih cepat.

(Baca: Sri Mulyani Pangkas Tahapan Penyaluran Dana BOS dan Dana Desa)

Penerapan ini berbeda dibandingkan 2019 yang masing dilakukan secara berjenjang dari rekening kas umum negara (RKUN) ke RKUD, kemudian baru ditransfer ke rekening kas desa.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement