Pandemi Corona, The Fed Keluarkan Kebijakan ala Krisis Keuangan 2008

Agustiyanti
18 Maret 2020, 08:42
Bank Sentral AS, The Federal Reserve, krisis keuangan 2008, pandemi corona, stimulus, virus corona, covid-19, amerika serikat
KATADATA/ Arief Kamaludin
Ilustrasi. Bank Sentral AS mengeluarkan kebijakan untuk membeli surat utang jangka pendek atau commercial paper yang diterbitkan perusahaan, serupa kebijakan saat krisis keuangan 2008.

Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve meluncurkan kembali kebijakan pembelian utang jangka pendek era krisis keuangan 2008. Kebijakan tersebut dilakukan untuk membantu perusahaan dapat membayar pekerja dan membeli pasokan guna melalui dampak pandemi virus corona.

Fasilitas pendanaan commercial paper merupakan salah satu langkah bank sentral untuk mencoba melawan dampak ekonomi yang merugikan akibat pademi virus corona dan gejolak di pasar global, dengan memompa uang ke ekonomi riil.

Commercial paper merupakan pendanaan jangka pendek tanpa jaminan atau surat sanggup bayar yang dibuat perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dana kurang dari setahun. Pasar keuangan saat ini berada dalam tekanan seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa perusahaan-perusahaan akan mengalami gangguan bisnis.

(Baca: Warga AS Bakal Dapat Bantuan Rp 15 Juta untuk Hadapi Pandemi Corona)

Kebijakan pendanaan melalui surat sanggup bayar tersebut dipandang investor sebagai alat yang penting bagi The Fed untuk memberikan pinjaman langsung kepada pengusaha kecil yang mempekerjakan lebih dari separuh tenaga kerja AS.

"Dengan memastikan kelancaran fungsi pasar ini, khususnya di saat-saat sulit, The Federal Reserve memberikan kredit untuk mendukung keluarga, bisnis, dan pekerjaan di seluruh ekonomi," kata The Fed dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Rabu (18/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...