Tekan Hoaks Corona, WhatsApp Buat Pusat Informasi dan Kucurkan Rp 15 M

Desy Setyowati
18 Maret 2020, 19:32
Tekan Hoaks Corona, WhatsApp Buat Pusat Informasi & Kucurkan Rp 15,2 Miliar
PXHERE.COM
Ilustrasi WhatsApp

Pengembang media sosial WhatsApp meluncurkan pusat informasi terkait virus corona. Perusahaan di bawah naungan Facebook itu juga menggelontorkan dana US$ 1 juta atau sekitar Rp 15,2 miliar kepada Jaringan Internasional Penguji Fakta (IFCN) asuhan Poynter Institute.

Kedua inisiatif itu diharapkan bisa menekan penyebaran hoaks terkait pandemi corona. “Kami ingin menyediakan pusat informasi sederhana yang dapat menghubungkan orang-orang di saat yang penuh kewaspadaan ini,” kata Head of WhatsApp Will Cathcart dalam siaran pers, Rabu (18/3).

Perusahaan juga bermitra dengan Poynter Institute untuk meminimalkan penyebaran hoaks. “Kami juga akan terus bekerja sama secara langsung dengan kementerian kesehatan di seluruh dunia, agar mereka dapat memberikan informasi terkini melalui WhatsApp,” ujar dia.

(Baca: Kasus Corona Bertambah, Kominfo Blokir 250 Hoaks & Kembangkan Chatbot)

Pusat informasi itu bisa diakses lewat laman whatsapp.com/coronavirus. Platform itu menawarkan tips dan informasi akurat terkait virus corona bagi pengguna, guna mengurangi penyebaran rumor.

Karena itu, WhatsApp berkolaborasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-bangsa (UNICEF), dan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP). Dengan WHO, perusahaan juga menyediakan layanan hotline perpesanan.

Perusahaan juga telah bekerja sama dengan kementerian kesehatan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  di berbagai negara, termasuk Singapura, Israel, Afrika Selatan, Brasil, dan Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...