AS Siapkan Skenario Pandemi Corona Berlangsung hingga 18 Bulan

Agustiyanti
19 Maret 2020, 16:20
pemerintah as, pandemi corona, virus corona, rencana darurat, trump, wabah, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/ama/dj
Ilustrasi. Jumlah kasus infeksi virus corona di Amerika Serikat kini telah mencapai lebih dari 9.000.

Dokumen rencana pemerintah Amerika Serikat sebanyak 100 halaman tentang penanganan pandemi virus corona memuat rencana darurat selama 18 bulan atau lebih lama. Dikutip dari CNN, instansi pemerintah dalam dokumen tersebut juga menyatakan sulit untuk memperkirakan bagaimana penyebaran Covid-19 dan seberapa parah wabah ini akan terjadi.

Laporan tertanggal Jumat (13/3) adalah pandangan di belakang layar bagaimana pemerintah AS meningkatkan kesiapsiagaan. Juga bagaimana seluruh pemerintah federal dimobilisasi untuk mengatasi krisis virus corona.

Meskipun tidak secara khusus mengatakan bahwa pemerintah AS yakin pandemi akan berlangsung 18 bulan, dokumen tersebut menjabarkan rencana darurat yang mereka buat harus mengambil garis waktu yang lebih lama untuk memastikan kesiapan.

(Baca: Kasus 35 Ribu, Italia Catat 475 Orang Tewas dalam Sehari akibat Corona)

Untuk tujuan perencanaan, administrasi juga sedang mempersiapkan skenario di mana "rantai pasokan dan dampak transportasi akibat wabah COVID-19 yang sedang berlangsung kemungkinan akan mengakibatkan kekurangan yang signifikan bagi konsumen pemerintah, sektor swasta dan individu A.S."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...