Jokowi Bakal Beri Insentif untuk Tenaga Medis Penanganan Corona

Dimas Jarot Bayu
19 Maret 2020, 12:26
jokowi, sri mulyani, insentif, tenaga medis, dokter, perawat, pandemi corona, covid-19, virus corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.
Presiden Joko Widodo meminta meminta ada kepastian terhadap persediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis

Presiden Joko Widodo  meminta agar para dokter, perawat, dan jajaran rumah sakit yang menangani pasien terinfeksi virus corona Covid-19 dapat diberikan insentif. Ini lantaran para tenaga medis tersebut adalah garis terdepan yang berjuang dalam penanganan wabah tersebut di Indonesia.

“Saya minta Menteri Keuangan ini pemberian insentif bagi para dokter, perawat, dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanganan Covid-19 ini,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas via video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3).

Jokowi pun meminta agar ada perlindungan maksimal terhadap mereka. Ia juga meminta ada kepastian terhadap persediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, seperti masker dan alat penyanitasi tangan. Ekspor masker dan penyanitasi tangan diminta untuk disetop saat ini.

(Baca: Pemerintah Bebaskan Cukai Etil Alkohol untuk Pembuatan Hand Sanitizer)

Pastikan terlebih dahulu stok dalam negeri cukup. Kemudian, ketersediaan bahan baku untuk produksi alat kesehatan dalam menghadapi situasi ini,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta agar jajarannya memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat. Jokowi mengaku sudah mengecek langsung persediaan bahan-bahan pokok di Gudang Bulog, Jakarta pada Rabu (18/3).

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...