Jokowi Minta Pemeriksaan Corona dengan Rapid Test dan Skala Besar

Dimas Jarot Bayu
19 Maret 2020, 11:29
virus corona, covid-19, pandemi corona, rapid test, jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.
Presiden Joko Widodo meminta protokol kesehatan untuk penanganan Covid-19 dibuat dengan alur yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami.

Presiden Joko Widodo meminta pemeriksaan virus corona segera dilakukan dengan metode rapid test dalam skala besar. Lokasi pemeriksaan infeksi Covid-19 dengan metode itu dapat melibatkan seluruh rumah sakit, baik milik pemerintah pusat dan daerah, BUMN, TNI, Polri, hingga swasta. 

“Agar deteksi dini  indikasi awal seorang terpapar Covid-19 bisa kita lakukan,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas via video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (19/3).

Pemeriksaan dengan metode tersebut bakal lebih cepat ketimbang test swab yang selama ini digunakan. Pemeriksaan juga dapat dilakukan di lembaga riset dan perguruan tinggi yang mendapat rekomendais Kementerian Kesehatan. Dengan demikian, pemerintah bisa lebih sigap untuk menangani orang-orang yang terjangkit corona di dalam negeri.

Ia juga meminta protokol kesehatan dengan alur yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami disiapkan. Dengan demikian, pasien yang telah melakukan rapid test dapat mengetahui apakah mereka perlu layanan rumah sakit atau hanya isolasi mandiri.

(Baca: Jokowi Tegaskan Bekerja dan Belajar dari Rumah Bukan Untuk Liburan)

Rumah sakit-rumah sakit juga diminta menyiapkan rencana kontingensi terkait kesiapan mengangani pasien virus coron.. Bila diperlukan, Jokowi menilai Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta dan hotel milik BUMN bisa dimanfaatkan.

“Kemudian rencana kontingensi ini juga harus disiapkan sampai ke daerah, termasuk percepatan pembangunan di Pulau Galang, Kepulauan Riau,” kata dia.

Sekadar informasi, pemerintah tengah mengkaji metode rapid test untuk bisa memeriksa corona secara cepat. Melalui metode ini, pemeriksaan tak lagi menggunakan apusan tenggorokan seperti yang dilakukan pada swab test.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...