Rampung Jalani Uji Senjata, KRI I Gusti Ngurah Rai Siap Bertugas

Image title
19 Maret 2020, 22:12
Kapal perang TNI Angkatan Laut KRI I Gusti Ngurah Rai-332 mengikuti latihan formasi pada Latihan Gabungan TNI di Laut Jawa, Jawa Timur. Skenario perang modern dengan melaksanakan manuver lapangan dan fire power demo (FPD) merupakan latihan gabungan TNI de
ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Kapal perang TNI Angkatan Laut KRI I Gusti Ngurah Rai-332 mengikuti latihan formasi pada Latihan Gabungan TNI di Laut Jawa, Jawa Timur. Skenario perang modern dengan melaksanakan manuver lapangan dan fire power demo (FPD) merupakan latihan gabungan TNI dengan sandi "Dharma Yudha 2019" yang melibatkan sedikitnya 12.000 prajurit matra darat, laut dan udara.

Damen Shipyards mengumumkan telah selesai melakukan pemasangan dan pengujian sistem senjata pada fregat Indonesia jenis SIGMA-10514 Perusak Kawal Rudal (PKR), Kapal Republik Indonesia (KRI) I Gusti Ngurah Rai.

Mengutip Defense World, Kamis (19/3), SIGMA-10514 disebut sebagai fregat yang dirancang sebagai anti-ship warfare (AShW), anti-submarine warfare (ASW) dan anti-air warfare (AAW), membuatnya menjadi kapal perang yang mampu mengatasi ancaman dari segala medan.

Advertisement

KRI I Gusti Ngurah Rai merupakan fregat SIGMA-10514 kedua yang diterima Indonesia, setelah KRI Raden Eddy Martadinata. Kedua kapal ini merupakan bagian dari kesepakatan yang ditandatangani oleh pemerintah dan Damen Shipyard, Desember 2012 silam.

Kala itu, pemerintah dan Damen Shipyad menandatangani kontrak pembuatan kapal fregat jenis SIGMA-10514 dengan nilai masing-masing sebesar US$ 220 juta, termasuk di dalamnya transfer teknologi dan pelatihan kru. Pembuatannya sebagian besar dikerjakan oleh Damen Shipyad, kemudian diteruskan di galangan kapal PT PAL.

Dalam keterangan resmi, Rabu (18/3), Managing Director Damen Shipyard Hein van Ameijden menyebut, proses produksi dua kapal ini menggunakan metode modular, yang beroperasi secara simultan di galangan Damen Shipyadr di Belanda, kemudian diteruskan di galangan kapal negara pemesan.

(Baca: Pemerintah Berencana Bangun Pangkalan Militer di Natuna)

"Fase terakhir diselesaikan tanggal 21 Februari 2020, diikuti uji coba pelayaran dan sea acceptance test (SAT). Tujuannya adalah, untuk menunjukkan bahwa instalasi di seluruh rantai sistem senjata memenuhi efisiensi dan akurasi yang diinginkan," ujar Ameijden dalam keterangan resmi, Rabu (18/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement