Investor Sambut Langkah Jokowi Beli Obat Corona, IHSG Melejit 2,2%

Happy Fajrian
Oleh Happy Fajrian - Muchammad Egi Fadliansyah
20 Maret 2020, 17:50
ihsg hari ini, ihsg naik, virus corona, pandemi corona, covid 19
ANTARA FOTO/Reno Esnir
IHSG akhir pekan ini, Jumat (20/3), naik 2,18% memutus tren koreksinya sepekan ini.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) berbalik naik (rebound) pada sesi II perdagangan akhir pekan ini, Jumat (20/3). Indeks tercatat naik 89,52 poin atau 2,18% ke level 4.194,94. Padahal pagi ini IHSG sempat merosot ke level 3.000, tepatnya 3.918,34 hanya 5 menit setelah  perdagangan dibuka.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta mengatakan bahwa kinerja indeks hari ini didorong apresiasi pasar terhadap langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pandemi corona, Covid-19.

“Para pelaku pasar sangat mengapresiasi peran pemerintah dalam menanggulangi wabah Covid-19 di tanah air. Pemerintah sudah memesan Avigan dan Chloroquine secara besar-besaran,” kata Nafan kepada Katadata.co.id, sore ini, Jumat (20/3).

Di sisi lain, lanjut Nafan, para pelaku pasar juga mengapresiasi langkah BI dalam rangka menurunkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 bps dalam rangka mendukung stabilitas pertumbuhan ekonomi domestik ditengah-tengah pelemahan rupiah.

(Baca: Sempat Jatuh ke Level 3.000, Bursa Indonesia Sesi I Terburuk di Asia)

Meski demikian Analis Panin Sekuritas William Hartanto justru meragukan kenaikan IHSG hari ini dapat bertahan. Pasalnya modal asing yang keluar dari pasar saham cukup besar yakni mencapai Rp 794,02 miliar.

“Oleh karena itu ada potensi IHSG akan turun kembali pada perdagangan Senin (23/3) besok, seperti yang pernah terjadi pada Jumat pekan lalu,” ujarnya melalui pesan singkat.

Bursa Saham Asia dan Global Bangkit

Kinerja indeks dalam negeri ini sejalan dengan kinerja bursa saham Asia dan global yang berhasil memutus tren koreksinya akibat tekanan jual investor yang khawatir dengan perkembangan pandemi corona di dunia.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...