Jokowi: Wisma Atlet Siap jadi Rumah Sakit Darurat Corona Besok Malam

Dimas Jarot Bayu
20 Maret 2020, 16:53
Jokowi: Wisma Atlet Siap jadi Rumah Sakit Darurat Corona Besok Malam
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Pemerintah tengah menyiapkan Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta sebagai rumah sakit darurat dan tempat isolasi untuk merawat para pasien terinfeksi virus corona. Rencananya, gedung tersebut akan mulai digunakan besok malam. 

“Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat penanganan Covid-19 dan rumah isolasi pada Sabtu (21/3) malam,” ujar Presiden Joko Widodo  (Jokowi) melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3).

Selain Wisma Atlet, pemerintah menyiapkan Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu, Jakarta dan Pulau Galang di Kepulauan Riau sebagai lokasi karantina. Pulau Sebaru sebelumnya digunakan untuk karantina kru kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess.

(Baca: Menkominfo: Surya Paloh Sediakan Hotel Bintang 5 untuk Pasien Corona)

Saat ini, fasilitas kesehatan di Pulau Galang juga direnovasi. Jokowi menargetkan renovasi tersebut selesai pekan depan. “Akan selesai dibangun pada Sabtu (28/3),” kata Jokowi.

Ia meminta agar gedung-gedung milik pemerintah daerah bisa digunakan untuk karantina penderita virus corona. Fasilitas itu disiapkan sebagai lokasi cadangan, jika rumah sakit di daerah tak cukup menampung pasien.

“Saya kira daerah memiliki tempat-tempat pendidikan dan pelatihan (diklat) yang banyak. Saya rasa itu bisa dipakai untuk rencana kedua atau plan ketiganya,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...