Menteri BUMN Sebut Kimia Farma Bisa Tambah Produksi Klorokuin

Image title
21 Maret 2020, 17:51
bumn, erick thohir, virus corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memeriksa stok masker di apotek kimia farma Jalan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/3/2020). Erick bakal meminta Kimia Farma memproduksi obat klorokuin jika obat itu efektif menyembuhkan pasien terinfeksi virus corona.

Pemerintah berencana menggunakan obat klorokuin dan avigan untuk melawan virus corona. Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir akan meminta Kimia Farma menambah produksi obat klorokuin.

Hingga kini, BUMN farmasi telah memiliki sekitar tiga juta klorokuin. “Kalau satu pasien membutuhkan sekitar 50 butir setidaknya ada 60 ribu pasien yang bisa mendapatkan obat ini. Kalau memang efektif, tentunya Kimia Farma akan memproduksi kembali,” kata Erick dalam siaran pers pada Sabtu (21/3).

Selain itu, Kementerian BUM juga bakal mengimpor obat Avigan dari Jepang. Kalau memang dibutuhkan, Kantor BUMN bersama Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo sudah meminta pihak produsen untuk menyediakan obat tersebut untuk Indonesia.

“Avigan sekarang ini sudah diminta oleh banyak negara untuk mengobati mereka yang terjangkit virus corona,” ujar dia.

(Baca: Pemerintah Minta Masyarakat Tak Borong Klorokuin untuk Cegah Corona)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah akan menggunakan dua obat tersebut untuk menyembuhkan virus corona. Presiden juga menjelaskan pemerintah bakal melaksanakan rapid test untuk mengetahui kasus positif Covid-19.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...