Trump Kirim Utusan ke Arab Saudi Guna Stabilkan Harga Minyak

Image title
22 Maret 2020, 10:38
Harga minyak, amerika serikat, arab saudi
KATADATA
Ilustrasi Kilang Minyak. Presiden AS Donald Trump (22/3) dikabarkan mengirim utusan khusus ke Arab Saudi guna stabilisasi harga minyak.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengambil langkah untuk menyikapi terus anjloknya harga minyak. Trump dikabarkan mengirim utusan khusus di bidang energi ke Arab Saudi untuk menstabilkan pasar minyak global.

Pasalnya, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) telah jatuh ke level terendah sejak 18 tahun terakhir imbas perang harga Saudi dan Rusia serta sentimen negatif virus corona Covid-19. Harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) sempat menyentuh titik terendah sejak 2002 yakni US$ 20 pada Kamis (19/3) lalu.

Mengutip data Bloomberg pada Minggu (21/3) pukul 08.00 WIB, harga minyak Brent untuk kontrak Mei 2020 ditutup turun 1,49% menjadi US$ 26,98 per barel. Adapun harga minyak WTI untuk kontrak April 2020 ditutup turun 3,28% menjadi US$ 22,63 per barel.

Dilansir dari Reuters, seorang pejabat senior Departemen Energi AS akan dikirim ke Riyadh guna bekerja sama dengan pejabat Departemen Luar Negeri Arab Saudi. Sedangkan Trump hari Kamis (19/3) telah mengatakan dirinya akan ikut campur menengahi perang harga minyak Saudi dan Iran. “Di waktu yang tepat, saya akan terlibat,” kata Trump dikutip dari Foxbusiness.com, Minggu (11/3).

(Baca: IHSG Anjlok 14,5% dalam Sepekan, Kapitalisasi Bursa Tergerus Rp 824 T)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...