Pandemi Corona Meluas, Sritex Produksi 20 Ribu Masker Non-Medis

Image title
Oleh Ekarina
23 Maret 2020, 13:25
Marak Pandemi Corona, Sritex Ikut Produksi 20.000 Masker Non-Medis.
sritex.co.id
Seorang pekerja menjahit pakaian militer di pabrik Sritex. Perusahaan mulai memproduksi masker non-medis siring merebaknya virus corona.

Pemerintaan masker dan harga jualnya meningkat tajam setelah pandemi corona terus meluas di Indonesia. Mengantisipasi kelangkaan, perusahaan tekstil PT Sri Rezeki Isman, Tbk (SRIL) atau Sritex pun mulai memproduksi masker non-medis Antivirus Sritex dengan kapasitas produksi sekitar 20.000 masker per hari.

Corporate Communications Sritex, Joy Citradewi mengatakan masker tersebut diproduksi guna membantu pemerintah menekan dampak penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Masker non medis anti-microbial dan anti-air buatan Sritex ini disebut menggunakan bahan kain dan dapat dicuci serta dipakai ulang.

(Baca: Sritex Tunggu Hasil Investigasi Penyebab Kebakaran Gudang Kapas)

Joy juga menjelaskan, masker diproduksi di pabrik yang sudah ada. Dengan demikian, perusahaan tidak mengeluarkan investasi baru untuk membuat pabrik ataupun lini produksi.

"Untuk saat ini kapasitas 20.000 per hari. Kami baru mulai finalisasi produk kemarin, jadi saat ini kami tahap awal produksi," katanya kepada katadata.co.id.

Berbeda dengan jenis masker yang dijual dengan harga tinggi di pasaran, Sritex mematok harga jual maskernya sekitar Rp 5.500 per buah, termasuk pajak. Namun, harga ini berlaku untuk jumlah pesanan besar atau minimal 1.000 unit per pemesanan.

Dia mengaku hingga saat ini animo masyarakat cukup besar dengan infomasi pemesanan yang tersebar melalui media sosial maupun grup aplikasi percakapan.

Seiring dengan besarnya permintaan, perusahaan belum berencana mengekspor produknya ke luar negeri. " Kita lihat ke depannya. Kita juga belum ada target, akan coba dipenuhi permintaan dulu pada saat ini," ujarnya.

(Baca: Mau Terbitkan Obligasi, Laba Sritex Semester I 2019 Turun 2,6%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...