Pertamina Tunggu Keputusan Pemerintah untuk Turunkan Harga BBM

Image title
23 Maret 2020, 14:37
harga minyak, bbm, pertamina
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi, konsumen di SPBU Coco Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/1/2020). Pertamina belum menurunkan harga BBM meskipun harga minyak telah anjlok hingga di bawah US$ 30 per barel.

Harga minyak kembali jatuh hingga 10,7% pada akhir pekan lalu. Biarpun begitu, Pertamina belum juga menurunkan harga BBM (bahan bakar minyak).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina akan menyesuaikan harga BBM sesuai dengan peraturan pemerintah. Mengacu pada ketentuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), harga BBM mengacu pada beberapa faktor, diantaranya harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dolar, dan inflasi.

Lebih lanjut, Fajriyah mengatakan pihaknya selalu mengikuti ketentuan tersebut. Selama ini Pertamina selalu menghitung harga jual BBM nonsubsidi dan nonpenugasan setiap bulan dengan mempertimbangkan perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran.

"Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM nonsubsidi. Sedangkan harga BBM subsidi atau penugasan merupakan kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya," ujar Fajriyah dalam keterangan tertulis pada Senin (23/3).

Pertamina pun mengklaim harga BBM yang dijualnya masih cukup murah. Bahkan Fajriyah mengklaim harga BBM perusahaan pelat merah itu lebih rendah dari penjualan BBM lainnya.

Pertamina pada Februari lalu memang telah menyesuaikan harga BBM nonsubsidi. Sehingga harga BBM nonsubsidi Pertamina saat ini yaitu, pertamax turbo Rp.9.850 per liter, pertamax Rp.9.000 per liter, dan pertalite Rp.7.650 per liter.

Kemudian, pertamina dex Rp.10.200 per liter. Sedangkan dexlite dijual seharga Rp.9.500 per liter.

"Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM," kata Fajriyah.

(Baca: Pemerintah Hitung Dampak Anjloknya Harga Minyak ke Ekonomi & Harga BBM)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...